Image

WAHANA TATA NUGRAHA

Hukamarudin

Dibaca 189 kali

PENTING DAN MANFAATNYA PIALA WAHANA TATA NUGRAHA DISERAHKAN OLEH PRESIDEN

Piala Wahana Tata Nugraha (WTN), merupakan Piala Presiden RI, yang telah didaftar dalam lembaran negara pada Sekretaris Negara. Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) adalah penghargaan yang diberikan kepada Kota-Kota yang terbaik dalam bidang transportasi Kota, melalui Lomba Tertib Lalu Lintas dan Angkutan Kota.

Lomba Tertib Lalu Lintas Angkutan Kota dimulai sejak tahun 1992 sampai sekarang; tetapi pada tahun 1998 sampai 2000 sempat terhenti karena disebabkan adanya krisis moneter.

Pada tahun 1992 sampai dengan tahun 1997 penyerahan Piala Wahana Tata Nugraha dilaksanakan oleh Presiden RI di Istana Negara.

Pada fase ke-dua dari tahun 2001 sampai 2006 penyerahan Piala Wahana Tata Nugraha di wakili oleh Menteri Perhubungan dan dilaksanakan di Depertemen Perhubungan Pada tahun 2007 direncanakan penyerahan Piala Wahana Tata Nugraha diserahkan kembali oleh Presiden RI di Istana Negara sesuai dengan ketentuannya.

Lomba Tertib Lalu Lintas Angkutan Kota yaitu pada tahun 1992 sampai tahun 1995 adalah KM. No. 12 Tahun 1992 tentang Lomba Tertib Lalu Lintas dan Angkutan. Tahun 1996 sampai tahun 1999 dasar kegiatan Lomba Tertib Lalu Lintas Angkutan Kota adalah KM. 35 Tahun 1996 tentang Pedoman Pelaksanaan Lomba Tertib dan Angkutan Jalan. Pada Tahun 2000 sampai Tahun 2005 dasar kegiatan Lomba Tertib Lalu Lintas Angkutan Kota adalah KM. 50 Tahun 2000 tentang Pedoman Pelaksanaan Lomba Tertib Lalu Lintas Angkutan Kota. Pada Tahun 2006 sampai saat ini berdasarakan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM. 13 Tahun 2006 Tanggal 13 Maret 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Lomba Tertib LLAK

Maksud dan Tujuan Lomba Tertib Lalu Lintas Angkutan Kota :

  • Mendorong dan membina pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota dalam meningkatkan tertib lalin dan angkutan kota;
  • Mendorong peran serta masyarakat dalam upaya meningkatkan disiplin berlalu lintas;
  • Memfasilitasi Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam meningkatkan tertib lalu lintas dan angkutan kota dalam rangka mewujudkan pelayanan angkutan umum sebagai pelayanan publik dan sistem transportasi perkotaan yang handal dan berkelanjutan;
  • Mendorong peran serta masyarakat dalam upaya meningkatkan disiplin berlalu lintas di jalan.
  • Mendorong terwujudnya sistem transportasi kota yang efektif, berkualitas, tertib, lancar, aman, cepat, teratur, selamat, nyaman dan efisien.

Manfaat disrahkan oleh Presiden adalah untuk memberikan semangat dan motivasi yang tinggi kepada para Walikota dan Bupati agar terus meningkatkan dan membangun sektor Transportasi khususnya transportasi kota..

Keberhasilan dari Lomba Tertib Lalu Lintas dan Angkutan Kota, Bukan Sekedar Perolehan Piala WTN, namun dari Capaian Kinerja Transportasi Perkotaan yang berkelanjutan

 

Link: